Masakan Tradisional Khas Jawa Tengah

Posted by Rasyid Panji 0 comments
Jawa merupakan salah satu pulau yang cukup memiliki banyak penduduk dengan beragam suku dan budaya. Selain itu, jawa juga memiliki berbagai macam masakan tradisional yang bisa membuat lidah para wisatawan menjadi ketagihan dan ingin mencobanya. Dan yang akan dibahas kali ini adalah masakan tradisional khas dari Jawa Tengah. Langsung saja simak dan lihat beberapa masakan khas Jawa Tengah.


Masakan Tradisional Jawa Tengah

  • Lumpia Semarang. Makanan ini cukup khas dan sangat nikmat jika disantap saat hangat. Lebih enak lagi jika ditambahkan dengan sedikit saus kental manis yang membuat rasa dari lumpia semarang ini sangat banyak disukai para wisatawan. Di dalamnya terdapat rebung, ayam, telur, dan udang yang sangat enak dan pasa ketika dipadukan dengan saus kental manisnya.

  • Soto Kudus. Kudus memang terkenal dengan sotonya yang khas dan nikmat. Memang sepintas soto tersebut sama seperti soto pada umunya, namun setelah anda mencicipi rasanya, tentu anda akan merasakan kenikmatan tersendiri yang akan membuat anda datang lagi untuk menikmati soto Kudus ini. Ada 2 pilihan untuk soto kudus, yaitu soto ayam dan soto kerbau.

  • Nasi Gandul Pati. Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya ketika dinikmati langsung dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi pelengkap untuk menikmati nasi gandul ini.


  • Nasi Liwet Solo.  Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat lidah dan perut anda ingin selalu memakannya.

  • Mendoan Purwokerto. Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Meskipun tidak benar - benar matang, mendoan ini sangat aman untuk dikonsumsi karena tempe yang menjadi bahan dasarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Masakan Tradisional


Itulah 5 masakan tradisional khas jawa tengah yang bisa anda nikmati ketika berkunjung di jawa tengah. Jangan sampai anda melewatkan 5 masakan di atas, karena sekali mencoba anda akan merasa ketagihan dan ingin mencobanya kembali.

Wisata Kuliner

Makanan Sehat

Resep Masakan

Resep Kue